Sabtu, 15 Maret 2014

Etika dan Moralitas

Etika, nilai perilaku yang ditunjukkan seseorang atau organisasi dalam interaksinya dengan lingkungan. Contoh: mengucapkan salam saat bertamu.
Moral, semangat dalam diri untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. COntoh: seandainya kita menemukan dompet dengan sejumlah uang dalam dompet tersebut, jika kita mempunyai moral yang baik kita akan memberikan dompet itu kepada pemilinya.
Moralitas, nilai normatif yang menjadi keyakinan dalam diri yang menjad pendorong untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dan moralitas seseorang dapat menjadi faktor terbentuknya perilaku yang sesuai dengan etika.
Prinsip-prinsip etika:
1. Keindahan (beauty), berdasarkan prinsip ini manusia memperhatikan nilai keindahan dan ingin menampakkan sesuatu yang indah dalam perilakunya. Contoh: dalam berpakaian, penataan ruang, dsb.
2. Persamaan (equity), prinsip ini melandasi perilaku yang tidak diskriminatif atas dasar apapun karena setiap manusia memiliki hak dan tanggung jawab yang sama misalnya persamaan hak laki-laki dan perempuan, persamaan ras, dan persamaan dalam berbagai bidang lainnya.
3. Kebaikan (goodness), prinsip ini biasanya berkenaan dengan nilai kemanusiaan seperti hormat-menghormati, kasih sayang, saling membantu, dsb.
4. Keadilan (justice), prinsip ini mendasari seseorang untuk bertindak adil dan tidak mengambil sesuatu yang menjadi hak orang lain.
5. Kebebasan (liberty), dalam prinsip ini manusia mempunyai hak untuk melakukan sesuatu sesuai kehendaknya sepanjang tidak merugikan atau mengganggu hak rang lain.
6. Kebenaran (truth), kebenaran biasa digunakan dalam logika yang muncul dari hasil pemikiran logis/rasional.
Etika umum, etika yang berbicara mengenai kondisi dasar bagaimana manusia bertindak secara etis. Etika umum dapat digambarkan dari ilmu pengetahuan, yang membahas mengenai pengertian umum dan teori.
Etika khusus, penerapan prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan khusus. Penerapannya dapat berupa bagaimana mengambil keputusan dan bertindak dalam kegiatan khusus yang dilakukan.
Etika proffesi, memiliki pengetahuan tentang hakikat, tujuan, prinsip pendidikan.
Profesi, pekerjaan yang dilakukan utnuk menghasilkan nafkah yang mengandalkan suatu keahlian. Misalnya memahami betul apa yang kita suka kemudian menjadikannya sebagai profesi yang menyenangkan untuk mendapatkan penghasilan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar